Kisah Anak dan Ibu

Entah betul atau tidak, kita serap inti ceritanya saja! Konon jaman dulu di suatu daerah pernah ada tradisi membuang orang yang sudah tua ke hutan, mereka yang dibuang adalah orang tua yang sudah tidak berdaya sehingga memberatkan kehidupan anak2 dan orang di sekitarnya.
Pada suatu hari ada seorang pemuda yang berniat membuang ibunya kehutan karena si ibu telah lumpuh dan pikun. Si pemuda tampak bingung tak tahu arah, bergegas menyusuri hutan belantara sambil menggendong ibunya tersebut. Si ibu yang kelihatan tak berdaya berusaha menggapai setiap ranting pohon yang bisa diraihnya dan mematahkannya kemudian menaburkannya disepanjang jalan yang meraka lalui. Sesampainya di dalam hutan tersebut, si anak menurunkan ibunya dan mengucapkan kata perpisahan sambil berusaha menahan sedih karena ternyata dia juga tak sanggup melakukan perbuatan tersebut. Ibu yang tampak tegar berkata:
“Anakku, aku sangat menyayangimu. Dari kau kecil sampai dewasa aku merawatmu dengan penuh kasih. Tadi aku sudah menandai sepanjang jalan yang kita lewati dengan ranting kayu. Aku takut kau tersesat, ikutilah tanda itu agar kau sampai dirumah.”
Mendengar kata tersebut si anak menangis keras dan langsung menggendong ibunya untuk dibawa pulang kerumah. Pemuda tersebut akhirnya merawat ibunya sampai ibunya meninggal.

No comments: